Tips Berkomunikasi Di Bali Dengan Wisatawan Mancanegara

Tips Berkomunikasi di Bali – Berlibur di destinasi wisata sebesar Bali memungkinkan kita berinteraksi dengan banyak orang, termasuk dengan wisatawan asing. Di best spot for tourism seperti Kuta, Sanur, hingga Seminyak cukup banyak turis berseliweran. Apalagi Pantai Kuta, turis asing disitu sangat mendominasi.

Namun bahasa kadang menjadi kendala untuk kemudian membatasi interaksi kita dengan mereka. Padahal salah satu cara meningkatkan kemampuan berbahasa inggris adalah bercakap dengan penutur bahasa Inggris asli, dalam hal ini wisatawan asing.

Berkomunikasi langsung dengan turis asing memberi banyak manfaat. Tidak hanya sekedar mendengar pronunciation mereka namun juga melatih keberanian untuk bicara dengan bahasa Inggris. Sebenarnya ini cukup sulit sebab turis asing ketika mengucap dalam bahasa Inggris cenderung mengikuti gaya bicara di negara darimana dia berasal. Namun begitu tidak ada salahnya Anda coba meskipun agak sulit dimengerti.

Leih lanjut simak tips berkomunikasi di Bali dengan wisatawan asing berikut ini.

Temui Turis Asing

Menemukan turis asing kadang sulit kadang gampang. Kalaupun gampang belum tentu mereka bersedia diajak ngobrol. Di Bali, menemukan bule paling gampang di kawasan Kuta, sepanjang Pantai Kuta, serta food court atau mall.

turis asing

turis asing

Sebenarnya tak hanya Kuta, di Seminyak bahkan Denpasar serta kabupaten-kabupaten lain kemungkinan besar ada turis asing disitu, selama ada tempat wisata. Di Pantai Lovina, Tanah Lot, Bedugul, Sanur, Uluwatu juga merupakan lokasi wisata langganan para bule.

Cara Memulai Berkomunikasi

Jika niat Anda melatih kemampuan bahasa Inggris sebaiknya jangan memasang target. Artinya turis tersebut harus cantik atau ganteng, harus sebaya, dan lainnya. Intinya tujuan utama Anda melatih bahasa asing dan keberanian, bukan mencari jodoh dan sebagainya.

komunikasi baik

komunikasi baik

Kemudan lihat situasinya, amati apakah turis tadi memungkinkan untuk berkomunikasi lebih lama dengan Anda atau tidak. Jika sudah yakin, mulailah berbicara dengan sopan.  Ada ucapan yang pas untuk membuka obrolan. Jika mereka menunjukkan reaksi ogah-ogahan tidak perlu dipaksa.

Selanjutnya tips berkomunikasi di Bali dengan turis berikutnya yaitu berusaha menyatu dengan aktvitas mereka. Contohnya, ada turis lagi foto-foto objek tertentu, jangan sungkan memberi pujian bahwa objek yang dia ambil bagus. Bila perlu berikan saran atau spot menarik lainnya untuk difoto.

Mulai Bicara dengan Sopan

Bicara secara spontan memang terkesan tidak kaku. Namun jika tidak siap dengan topik bahasan, Anda sebaiknya menghindara kalimat pembuka seperti: Excuse me, do tou mind if I’m talking to you? Atau Excuse me, may I speak with you for a while?

berbicara sopan santun

berbicara sopan santun

Jika Anda menggunakan kalimat ajakan seperti diatas maka kemungkinan besar mereka akan menjawab: Sorry, I don’t have time! Atau Oh, no, not at all!. Mungkin yang ingin memberi kesempatan bakal jawab: What’s wrong!. Dan kalau Anda sedang sial mungkin ada yang menjawab sedikit kurang sopan, misalnya: What do you want?

Nah, jika mereka tidak mau diajak ngobrol Anda cukup menjawab: Thast’s Okay, thanks! Jika ada yang memberi kesempatan bicara, ucapkan: Thank you so much. Actually, I’m an English learner.

Cari Topik Obrolan

Jika tahap perkenalan berjalan lancar, dengarkan apa yang mereka katakan. Ucapkan kalimat-kalimat umum untuk mencairkan suasana. Mungkin mereka akan bicara banyak hal mulai dari kesan selama berlibur di Bali, kondisi negara mereka dan sebagainya.

Topik Obrolan

Topik Obrolan

Dalam hal ini Anda harus pandai membaca situasi. Jangan memaksa mereka dengan satu topik bahasan. Jika mereka terlihat bosan, lebih baik sudahi percakapan. Satu hal, jangan menertawakan sesuatu yang menurut mereka tidak lucu. Jika ada kalimat yang tidak Anda pahami, katakana saja Anda sulit mengerti. Namun jangan terlalu sering Anda bilang tidak mengerti sebab bukan tidak mungkin mereka akan kesal.

Tips berkomunikasi di Bali dengan wisatawan mancanegara sebenarnya tidak sulit, terlebih jika Anda sudah memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris. Yang Anda butuhkan hanya mencari topik bahasan dan mengumpulkan keberanian.